Ke Thailand Bangkok Yuk !!

Udah lama banget nggak ngetik blog, walaupun begitu sudah banyak trip yang gw lakukan beberapa tahun belakangan ini. Mulai dari Bangkok bareng Hedonpacker, bareng keluarga gw, muterin Bali literaly (note : nggak bali barat ya masih blm explore sana), ke 3 Nusa (baca : pulau) hidden gem nya bali (lembongan, ceningan, penida), ke NTT Komodo, bahkan sampai yang terakhir ini adalah ke Lombok pakai motor dari bali, kesemuanya itu bakal pelan-pelan tapi pasti akan gw post di sini. Anyway gw Ega so kita mulai Panduan Trip ke Bangkok nya, untuk Versi Video bisa dilihat di Youtube Channel gw di https://www.youtube.com/watch?v=viq6pU6Azkc atau juga gw bikin video yg lain di sini https://www.youtube.com/watch?v=dTQyLphtPbQ.

Hari Pertama,

Berangkat dari rumah masing-masing dan berkumpul di Bandara Soekarno Hatta untuk menuju ke Bangkok Thailand dengan lama perjalanan sekitar 3 jam duduk statis di pesawat. Sampai disana di bandara Suvarnabhumi airport (baca : Svarnabum) kalau naik pesawat yang sekelas Garuda, kalau hanya sekelas Lion atau Airasia bakal di turunin di Don Mueang Airport nah ini lebih dekat ke kota sebenernya cuma bandaranya kecil aja nggak segede Svarnabumi.

Di tempat jual nomor hp dan internet di Airport don mueang
Tenang lo bisa check in di path atau update di medsos kok, disini ada free wifi jadi silahkan berselancar suka suka, cuma abis dari bandara ini yang harus beli nomor Thailand, untuk belinya mudah aja sih, di bandara itu bakal lo lewatin booth counter yg jual nomor thailand dan udah di aktifin paketan internetnya yang gw rasa cukup buat 7 hari disana gw lupa sih harganya berapa, sekitar 300an baht cuma ini worthed banget !! gw saranin beli aja 1 buat ber dua juga gpp sih, jadi kalau mau ngirit ya, kalau jalan ber 4 misalnya beli aja 2 nomor, trs yg lainnya nebeng jadi parasit aja pakai thetering hehehee. Abis beli nomor dan lgs di masukin ke hp lo sama mbak mbak nya yang suaranya duhhhh cempreng bener (lo bakal terus2an ketemu suara cempreng kyk gitu selama di thailand jadi biasain aja hehe) langsung aja pesen taksi ke hotel, kalau lo sendiri atau berdua boleh deh naik bis, cuma kalau ber 4 lebih mendingan pesen taksi aja lebih aman dan lebih murah, minta yang ada argo nya ya, caranya gimana? coba liat di bawah kaki nya, ada garis yg ngarahin untuk ke halte taksi, nah ikutin aja deh, trs sampe di counter nya antri nya lumayan panjang sih tp cepet, tinggal bilang hotel saya disini.. (gw kmrn di daerah siam) lgs dikasih harganya sama orang counter taksi nya, trs lgs dikasih taksi masukin koper lgs cuss ke hotel.

Depan Lub D Hostel Siam (Talent Cesca - Hedonpackers)
Nah ini biasanya gw sampe di hotel itu agak late ya jam 8 mlm, abis check in trs masukin barang di kamar langsung aja lo jalan2 deh di Siam, karena sayang kalau di lewatkan malam hari di Jantung nya bangkok, kalau ke laperan cari makan di depan hotel atau cari KFC atau MCD terdekat, oh ya untuk yang makannya harus Halal agak susah di Bangkok karena mayoritas itu agama Budha jadi kalau mau cari Halal cari restoran muslim atau di KFC makan ayam dan nasi aja keliatannya itu yang paling halal, tapi kalau yang bisa makan non halal, busetttttt itu surganya cuyy, makan aja bisa 5x sehari soalnya gak mahal dan porsinya cukup banyak. Cari aja yang jualan mie gitu, nah kl gw kemarin sih jalan kaki 10 menit trs nemu yg jualan hotpot gitu di pinggir jalan, enak juga malem2 makan hotpot :D

Hari Kedua,

Elf ke Pattaya (dari kiri : Cesca, Ferdian, Manda, Gita, Edwin)
Long day, harus yang jauh dulu nih, jadi gw ke Pattaya, jarak dari Bangkok Siam ke Pattaya itu 3jam via Toll, jadi bangun tuh harus jam 5 pagi trs mandi dan breakfast jam 7 ud harus cabut dari hotel biar nggak kesiangan sampai Pattaya, nah kita sewa Elf buat hari ini, harganya 3700 baht sebenarnya agak mahal sih cuma coba cari aja yang lebih murah misalnya sewa aja taksi innova gitu kyknya dapet deh sehari 2000an baht udah sama supirnya dan biaya toll, gimana cara nya sewa ini gw punya nomor supir innova disana yang gw pake pas pergi sama keluarga gw namanya Dranai orangnya sudah agak tua gitu, baik lagi, dia bisa bahasa inggris jadi enak kl nanya2 ke dia walaupun gak gitu lancar. nomornya 0875643554 (tentu nya nomor bangkok ya) atau bisa dihubungin via Line mc2345 ( nah ini plat nomor mobilnya sbnrnya hehe). nah untuk sewa Elf bisa hubungin Eko di nomor +66819250901 (kayaknya ada whatsapp) atau di BBM aja di 58D78D2C nah Eko ini bisa bahasa Indonesia karena lama di Bandung walaupun dia orang Thailand ya hehe.
Disambut Gajah yang nanti akan show juga. :D
Banyak Bunga dan Taman disana, Cesca langsung Photoshoot.
Memel Foto bareng Gajah harus bayar 100baht

Sampai di Pattaya kira-kira jam 11an, langsung ke main attraction nya aja dulu, kyk Noong Nooch, nah ini tuh kayak Tropical Garden gitu bagus banget buat photosesion gitu, warna warni bunga bunga nya dan disini tuh yang paling terkenal adalah show Gajah nya dan juga show thailand dance + muaythai nya, silahkan beli tiket masuknya di hotels2thailand.com atau langsung aja minta driver beliin tiketnya biasanya juga dikasih harga lebih murah. Disini biasanya gw ngabisin waktu 2 jam lah kurang lebih. Untuk makan gw saranin makan di Pasar Apung next destination.
Muay Thai yang terkenal itu

Lokasi yang gw datengin ke dua adalah Pasar Apung (baca Floating Market), ya walaupun di Indonesia juga ada, di sentul juga ada, cuma di Bangkok memang gw akui lebih terawat dengan baik,disini bisa cari makan, cari thai tea, cari oleh-oleh, cari rumput laut yang terkenal di thailand (masa gw sebut merek sih? oke gw sebut, tae kenoi bener ga tuh tulisannya hehe), Jangan lupa nyobain soup mie yang warnanya merah-merah itu biasanya ada kok yang jual. Puas foto foto puas belanja langsung ke Mini Siam.
Paris dan Istanbul di Mini Siam.

Mini siam itu kayak Miniatur nya Thailand dan juga ada beberapa landmark di Dunia juga, ini tempat juga instagram able banget, pas buat photosesion, walaupun panas tetep aja harus eksis dong ya. Disini bisa ngeliat menara miring Pisa, terus ada Colosseum Rome, dan landmark-landmark terkenal lain yang di tampilkan dengan lumayan besar. Puas deh foto-foto disini, kalau masih ada waktu lanjut ke jomtien beach, sayang gw gak ada waktu ke pantai karena katanya pantainya biasa-biasa aja hehe.

Tiffany Mansion gw beli tiket di Hotels2Thailand.com

Ini yang paling ditunggu tunggu kaum adam, ke Tiffany Show, sebenernya gw pertama ilfell gitu sama banci-banci thailand, terus kenapa sih cowo jadi cewe dan ada show cabaret nya gitu, ternyata ya setelah gw dateng langsung kesana dan nonton cabaret Tiffany Show, asli deh ke ilfill an gw tadi sirna ngeliat cowo cantik! Please gw bukan gay, tapi ini asli deh cewe banget dan lebih cantik malah dari pada cewe, mereka punya skill tari yang oke dan juga baju bajunya megah dan sexy-sexy, gw rasa kalau di tengah jalan gw ketemu salah satu dari Tiffany ladyboy itu gw ga bakal sangka itu cowo, untungnya nih, udah nggak ada anu nya, katanya udah pada operasi semua, jadi ya udah lah ya kaga ada yang nonjol-nonjol gimana gitu jadi gw biasa aja. Sayang banget ga bisa di rekam selama show cabaret, ada yang sampe di tegor dan di buat malu kalau ngerekam pake hp sekalipun.

Lady boy Tiffany

Jam sudah menunjukkan jam 8 malam, pilihannya nginep apa pulang? kalau nginep lo bisa lanjut dengan show show malam nya Pattaya kayak ping pong show (ini bukan main ping pong ya, ini show 18 tahun keatas), dan show show macam2 lainnya yang kalau lo jalan malam2 bakal di tawarin masuk show, hati-hati kena tipu mendingan nyari aman aja, balik ke hotel di siam. Ditengah jalan cari makan, karena sampai di Siam bisa jam 10 an udah pada tutup toko tokonya.

Sebenernya Pattaya itu masih banyak yang bisa di explore, kayak Sanctuary of Truth, atau ke musium ripley believe it or not, Cartoon Network Waterpark, ke patung buda emas di bukit (Wat Phra khao yai), atau yang lebih jauh dikit harus nyebrang pakai kapal ke Coral Island, semuanya itu baru bisa ditempuh kalau nginep 1 atau 2 hari disana. (buat gambarnya cek sendiri di Google ya)

Hari Ketiga,

Lobby Lub D Hotel Siam (foto ini menang lomba foto Lub D loh hehe sombong)
Guys, gw sampe lupa ngasih tau tempat penginapan kita yang super keren dan cozy, namanya Lub D Hotel, nah katanya hotel ini adalah salah satu the best hostel buat backpacker dengan harga backpacker for sure! 100rb an per orang bisa nginep sayangnya nggak dapet breakfast aja, cuma jangan khawatir, makanan pagi-pagi didepan hotel banyak banget, mulai sate-sate non halal dan ayam, ada buah buahan seger-seger banget, sampai roti bakar yang dibakar pakai arang ini sih enak :D, salah satu kemudahannya nginep disini adalah, lo tinggal sekali lompat ke stasiun MRT, bener-bener di depan hotel nya lo tinggal naik tangga ke BTS (kereta listriknya Bangkok) jalan kaki dari lobby hotel cuma 3-5 menit paling.

Untuk Hari ketiga ini dikhususkan untuk Bangkok City tour, lo belom ke bangkok kalau belum coba MRT dan BTS nya !! so coba aja, walaupun Jakarta bentar lagi (2 tahun lagi) bakal ada MRT, tapi coba dulu bro !! harga nya nggak mahal kok, cara nya, tinggal beli tiket aja di counternya atau kalau punya uang recehan bisa beli di mesin penjualnya tinggal pencet kestasiun apa, nah ini mendingan lo download map nya bangkok deh atau sebenernya di google map sudah ada semua nama nama stasiun nya.

Full Team di Grand Palace
Kita ke Grand Palace, berangkat dari hotel jam 7 lagi, biar panjang harinya hehe, nah di Grand Pallace ini pakaian harus rapi ya, kaos boleh tapi harus pakai celana panjang, baik cowo maupun cewe, karena ini istana nya raja, dan raja masih tinggal disana, plus juga ada salah satu temple yang besar dan suci namanya Wat Phra Khew ini adalah The Emerald Budha, beli tiket masuk langsung aja, memang agak mahal 500 baht, cuma ini luas banget dan sayang kan nggak masuk kalau belum pernah ke thailand. Jangan lupa sebelum ke Grand Palace mampir ke Bangkok National Museum (monasnya bangkok nih)

Full Team lagi nih di depan istana Raja
Masuk kesana langsung cari map nya dan history nya, selesai pada tahun 1785 dan di resmikan oleh Raja Rhama 1 setelah memindahkan pusat pemerintahan dari Thonburi ke tepi sungai Chao Phraya. Thailand itu suka banget sama warna emas, lo bakal ngeliat warna emas hampir di seluruh bangunan, terlihat megah kan !! Sekarang Raja tinggal di Istana Chitralada di samping nya Grand Pallace, masih se komplek kok. Jangan heran nih kalau banyak wisatawan kesana, misalnya turis dari Tiongkok daratan, dan juga disana itu panas, nah kalau nggak tahan panas silahkan bawa payung lipat dan jangan lupa sunblock nya dipakai.

Lanjut abis foto foto buat ganti profile picture, nge vlog buat di youtube, lanjut ke Budha tidur (Wat Pho) nah di Wat Pho ini lo bisa ngeliat patung Budha besar banget lagi tiduran dan didalam gedung, ke Wat Pho ini cuma jalan kaki doang kok dari Grand Palace, ya walaupun agak jauh tapi sayang kalau nggak kesini, sekitar 15 menit lah jalan kaki memutari Grand Palace. Sampai Wat Pho bisa dilihat beberapa kuburan atau tempat penyimpanan abu warga Bangkok dengan ditaroh di stupa stupa gitu, gw pertama nggak paham sih ini apa dan main gw dudukin aja, tapi ternyata ada fotonya terus gw jadi takut deh dan minta maaf udah dudukin. hehe. cuma emang gpp sih kalau mau dudukin nggak serem sama sekali, dan misi-misi jangan lupa ya.
Tempat abu di Wat Pho

Big Budha lagi Tidur
Di Wat Pho bisa beli koin buat di taro di sekeliling Budha Tidur tadi dan kayak main congklak gitu taro satu-satu koin di tempayan sambil muter, nah ritual ini katanya bisa mendatangkan nasib baik dan rejeki serta kesehatan, percaya nggak percaya tapi kan itu positif mending dicoba aja sapa tau bener hehe.

Cesca lagi kasih koin biar hoki katanya
Abis dari Wat Pho lanjut nyebrang sungai Chao Phraya, nah sungai ini adalah sungai terkenal yang membelah Bangkok dan juga melalui beberapa negara lain di asia tenggara, nyebrang ke Wat Arun, gimana caranya? ada pier nya kok di deket Wat Pho untuk nyebrang nya. di tengah-tengah perjalanan antara Grand Palace dan Wat Pho ada pasar nah Pier nya itu di ujung pasar nya. Google map aja pasti ada.
Wat Arun lagi Senja

Asiatique waktu malam
Asiatique Ferris Wheel
Setelah nyebrang kapal nggak gitu mahal sih sekitar 20baht, terus kita lanjut ke Wat Arun (temple of dawn), salah satu Landmark terkenal bangkok, salah satu kuil tua disana dengan umur 200 an tahun dan terbuat dari porselen atau keramik. Masuk aja terus naik deh ke atas bisa ngeliat keindahan Grand Palace dan sungai Chao Phraya dan Jembatan Rama Bridge, kesini sore-sore gitu sblm sunset atau pas sunset lebih mantab, tapi untuk mempersingkat waktu, setelah foto-foto biar eksis dan check in di path lanjut deh ke asiatique, naik apa ya enakan, sebenernya enakan naik kapal gitu, start nya dari pier yang kurang lebih 5-10 menit jalan kaki dari Saphan Taksin BTS Station dan naik kapal Chao Phraya langsung menuju Asiatique. Destinasi ini menjadi salah satu lokasi yang wajib didatangi selama menyusuri Chao Phraya. Asiatique katanya sih tempat nongkrongnya anak gaul bangkok gitu, disana ada cafe-cafe yang lumayan mahal dan brand brand yang lumayan mahal juga tapi ada naraya juga disana lumayan bisa belanja buat oleh-oleh, terus kalau duitnya banyak silahkan naik ferris wheel disana, gede banget !! hehe. Pas gw kesana bareng anak anak hedonpackers , martin garrix lagi manggung jadi rame banget dan emang disini venue nya buat festival music di bangkok.

Pilih salah satu Backpacker street di Khaosan Road , Atau

Makan di Yaowarat China town, bisa pakai taksi atau MRT
Kalau masih semangat dari Asiatique kita lanjut ke Yaowarat atau Kaosan Road, pilih aja. soalnaya disana banyak makanan murah, hehe. Yaowarat itu adalah China town, nah dulu katanya pedagang-pedagang China di thailand lokasi jualannya ya di lokasi Grand Palace itu, nah untuk membangun grand palace makanya di pindahin deh ke Yaowarat, disini sih surganya makanan China, enak banget !! atau ke Kaosan Road, nah disini surganya backpacker dari mana mana, banyak hostel murah juga, banyak club, dan juga ada tempat pijet juga di pinggir jalan, juga ada yang jualan jangkrik kalajengking kecoak kering, nah kalau mau coba disini tempatnya. Berasa lagi di Legian street lah malem2 disini.

Kalau sudah capek kita pulang ke hotel pakai taksi aja tadi berangkat naik MRT atau naik Bis gpp pulangnya naik Taksi atau kalau masih kuat naik bis juga bisa asal jangan terlalu malam aja. oh ya disini Taksinya harus nanya dulu, bisa nggak pakai meter, bilang aja Meter khap? atau apa lah pokoknya harus pakai meter (baca : Argo) karena ntr bisa dipalak.

Hari ke empat,

Tugu ditengah yang bisa buat meeting point
Suasana di Chatuchak, terlihat Ferdian Edwin dan Memel pada belanja
Nah biasanya hari ke empat ini gw abisin buat kepasar Chatuchak !! hehe.. belanja seharian deh, mau oleh-oleh atau mau belanja buat dijual lagi (bos online shop hehe) atau sekedar mau cari makanan dan cuci mata, semua bisa dilakukan di Chatuchak weekend market, ingat harus weekend kesini ya kalau nggak weekend nggak buka jangan lupa bawa kantong belanjaan atau koper sekalian (gak sedikit yg belanja bawa koper disana), Nah pasar ini buka mulai Jumat malam sampai Minggu sore, mending kesini Sabtu pagi deh, dan ini pasar 24 jam loh !! jadi jangan heran kalau pasar ini jadi salah satu tempat yang wajib di kunjungin. Pasar ini gede banget jadi jangan sampai nyasar, tapi kalau bisa sih mencar-mencar aja biar cepet nyari barang nya, dan jangan lupa janjian pakai waktu ya misalnya jam 12 siang ketemu semuanya ya di tengah-tengah atau di bawah tugu yang besar, lumayan jadi tempat meeting point kita selama di Chatuchak.

Roasted Honey BBQ Pork nya the best !!
Jangan lupa ya buat beli ice cream thailand terus posting dan juga beberapa jajanan khas disana, ada padthai (mie goreng thailand) ada juga bbq honey pork (non halal) yang terkenal di sana coba cari aja nama nya Moo Yang Nam Peung, di Area 22. Gak bakal terasa udah mau sore aja di Chatuchak, bingung mau kemana? lanjut aja ke MBK yang letaknya nggak jauh dari hotel Lub D siam tadi. Jangan lupa taro dulu belanjaan di hotel. atau kalau sudah bosen lanjut aja ke mall mall yang berada di siam. lumayan ngadem atau nyoba ice Swensen atau ke pasar swalayan nya buat belanja cemilan kayak yang dilakuin temen gw si Edwin yang suka banget belanja cemilan sampai isi kopernya rata rata cemilan khas thailand semua.

Sky bar di Lebua Tower (credit Google)
Malam terakhir kali ini harus di nikmatin bener, kalau punya uang ekstra coba datang ke Lebua tower terus ke Sky Bar nya, ini adalah tempat shooting nya film hang over loh. Mesen aja minuman terus foto dan posting di path biar makin iri teman-teman lo ! hehe. Ke Erawan Shrine yang dulu pernah di bom. Nikmatin di hotel juga boleh, di Lub D ada tempat buat nonton TV bareng gitu, atau habisin waktu di lobby sambil ngobrol sama backpacker yang lain. Jangan lupa packing barang-barang lo, atau cek apa perlu beli 1 koper lagi buat oleh -oleh belanjaan yang lo beli selama di bangkok. hehe.
Erawan Shrine

Hari ke Lima,

Foto di depan MBK
Hari ini adalah hari terakhir di Bangkok harus check out pagi-pagi, hari ini gw abisin buat wisata yang disekitar hotel aja, Madame Tussauds museum Bangkok yang adanya di Siam Discovery mall, jalan kaki 15 menit dari hotel sambil makan sate yang ada di sepanjang jalan siam, atau minum Thai Tea anget bakal buat pagi lo nikmat banget. Mall biasa buka jam 10 an jadi kalau blm buka bisa Foto -foto didepan MBK atau bisa cari kesibukan lain sambil nunggu mall buka dan Madame Tussaud buka, setelah buka langsung masuk aja terus liat deh ada Pak Soekarno menyambut kita :D Abis itu ke Sea Life yang ada pinguin nya !! , yaitu akuarium air laut dan ada beberapa air tawar yang terletak didalam mall sebelahnya Siam Discovery, yaitu mall Paragon Bangkok, nah ini adalah Grand Indonesia nya bangkok katanya. Oh ya gw beli tiket Madame tussaud dan Sea Life itu di internet ya, jadi lebih murah karena beli paketan 2 sekaligus gitu, cek aja di website nya https://www.madametussauds.com/bangkok/en/tickets/

Pak Soekarno bareng sama Carmen yang tiba2 gabung sama kita :D
Foto di depan pintu masuk Madame Tussaud
Foto bareng si Kocak Jim Carrey
Salah Satu akuarium di Sea Life
Memel bergaya gitu ceritanya di Sea Life
Tuh Pinguin asli ada disana, di bawah mall loh ini
Dah lumayan sore nih, tas yang tadi dititipin di lobby Lub D harus diambil, nggak jauh kok jalannya tapi prefer naik BTS buat ngejar waktu, kalau masih sempet waktunya bisa diabisin ke MBK cari barang-barang yang masih blm ketemu di Chatuchak kemarin, inget ini Mall Gede jadi harus ingat waktu ya. Perjalanan ke Don Mueang 1jam kira-kira, jadi harus spare waktu 3 jam sebelum keberangkatan ya guys, nah kalau ke Svarnabum itu lbh jauh lagi, jadi hrs 4 jam sebelum keberangkatan.

Ayuthaya (credit by google)
Nah gitu aja, tips dan itinerary gw selama di Bangkok, sebenernya gw ada 1 tempat lagi yang sayang kalau nggak di kunjungi, gw udah pernah kesana bareng keluarga gw namanya Ayuthaya, tempat ini adalah kota tua nya Thailand gitu, tempat pertama kali pemerintahan disana, dan juga sudah di resmikan Unesco sebagai Cagar alam dan Cagar Budaya. Disana banyak Kuil Kuil dan Reruntuhan Kuil keren banget buat foto foto tapi lumayan jauh kesana nya bisa 3 jam juga, untungnya muka orang Indonesia mirip kayak Thailand, jadi gw dikira orang Thailand dan masuknya gratis persis kayak gw di Grand Palace hehehe. lumayan ngirit 500 baht di Grand Palace gara-gara ngomong khap khap khap doang hehe.

See ya guys jangan lupa mampir ke Youtube Channel gw link diatas ya :D

Kalau udah ke Bangkok jangan lupa mampir ke blog ini lagi dan ceritain pengalaman seru nya ya :D