Ngehedon di Hongkong

Gerbang masuk Disneyland

Halo gw Memel, hari ini gue bakal share pengalaman gue jalan-jalan di HONGKONG... Kalian pasti udah sering denger lah ya negara yang jaraknya cuma 4 jam-an lah dari Jakarta ini. Gue melancong ke Hongkong awal tahun 2014 ini dan jalan-jalan ini dadakan banget soalnya tiba-tiba sepupu gue nemu tiket buy 1 get 1 Jakarta-Hongkong gitu jadilah kita langsung cus kesana. Kenapa kita berani ke Hongkong dengan mudahnya ya karena disana gue punya sodara si untungnya jadi bisa 'numpang' tinggal buat beberapa hari.. tapi tenang disana juga ada hotel-hotel yang enak kok, gue pernah bermalam di hotel namanya 'Panda Hotel' tapi udah lama banget si cuma tempatnya enak karena dibawahnya udah mall jadi kalo malem laper tinggal turun aja deh. Awal tahun lalu gue nginep di daerah Sha Tin, Sha Tin emang agak jauh si dari pusat kota Hongkong cuma deket banget sama Macau.

Hari pertama gue sampai di Hongkong gue sempet kaget karena ternyata cuacanya dingiiiin banget dan parahnya gue cuma bawa jaket yang bener bener tipis.. oke mungkin menurut orang-orang disana gue sok kuat banget jalan-jalan di 13 derajat cuma pake jaket tipis. gue sampe hongkong jam 8 pagi waktu sana dan perjalanan airport ke Sha Tin kurang lebih sejam. Setelah sampai di Sha Tin gue diajak makan dim sum, buat orang disana setiap pagi makan dim sum itu mungkin keharusan karena buat makan di tempat gue makan aja kita harus reserved dulu biar dapat tempat. hari pertama ini gue ga banyak pergi kemana-mana karena cape banget jadi lebih banyak tidur di rumah aja si. malemnya gue baru jalan ketempat makan seafood yang enak bangeeet tempatnya jauh banget dari Sha Tin karena letaknuya ada di gunung gitu dan udaranya bisa bayangin sendiri dong dingiiin banget.

victoria harbour di malam hari
Hari kedua gue kembali makan dim sum dipagi hari, kali ini gue harus mengunjungi sodara gue yang lain yang tinggal di Hongkong, menu makanannya ga jauh beda lah sama dim sum yang kemaren gue makan haha ya menu dim sum kan gitu gitu aja ya. setelah gue makan dim sum gue jalan jalan ke LADIES MARKET atau Mongkok yeay SHOPPING! hahahha ladies market itu sejenis lah sama Bugis market yang ada di Singapore. Karena lagi musim dingin jadi gue ga bisa beli banyak barang disana karena kebanyakan mereka ngejual barang-barang di musim dingin jadi percuma juga gue beli pake dimana kalo di Jakarta ahahha. Oh iya kalo kalian kesana kalian bakal lihat beberapa barang barang yang 'ajaib' haha contohnya adalah celana dalem khusus cowo yang berbentuk gajah ataupun burung. saran nih kalo kalian mau belanja di ladies market pintar pintarlah tawar harganya karena terkadang mereka ngasih harga yang ga wajar. malam harinya gue makan malam di restaurant thailand (lagi-lagi lupa namanya). disini gue makan nasi nanas yang enak banget sama beberapa makanan thailand lainnya, tapi sayang banget desert yang gue cari ga ada sticky rice manggo. setelah asik makan thailand food gue diajak buat ke Victoria harbour disini kita bakal lihat pemandangan gedung gedung tingkat dengan warna-warni lampu yang keren banget dan juga lo bakal lihat print hand dari artis-artis terkenal di hongkong diantaranya itu kaya Jet Li dll disini juga ada loh patung Jet Li dan malem hari disaat winter disini itu parah dinginnya mungkin 11 derajatan lah dan anginnya kenceng banget ini.

makan dim sum

ini barang 'ajaib' itu (celana dalam bentuk2)

Hari ketiga gue bakal pergi ke DISNEYLAND..... Gue kedisneyland naik MTR dari Sha Tin dan harus transit kurang lebih 4 kali dan di kereta terakhir kita bakal naik MTR yang nuansanya udah mickey mouse banget deh di dalemnya pun beda sama MTR pada umumnya karena banyak ornamen-ornamen Disney didalamnya, oh iya untuk saran lebih baik membeli kartu octopus disana, kartu octopus itu sejenis flazz gitu deh karena pas pulang nanti dari Disneyland itu bakal rame parah dan butuh waktu yang sangat lama kalo lo harus beli tiket MTR dulu karena antrinya lumayan panjang banget. Yeay.. dan akhirnya kita sampai di Disneyland, masuk ke disneyland itu kaya masuk ke dunia penuh fantasi disini fix udah ga inget umur karena lo berasa lo masih anak kecil terus terusan selama sehari. karena ini bukan pertama kalinya gue kesini jadi gue lebih memilih untuk antri foto sama Princess-Princess dan icon-icon disney yang lainnya. oh iya di disneyland ada 2 tema baru yang baru banget jadi yaitu Mystic Point dan Grizzly Gulch. Di Mystic Point kita bakal masuk ke Mystic Manor jadi ini tuh ceritanya kita kaya masuk rumahnya Lord Hendry nah si Lord Hendry ini punya monyet namanya Albert. Lord Hendry punya magic music box gitu dan dengan isengnya Albert buka itu music box dan apa yang terjadi...... silakan datang aja ke Disneyland Hongkong dan cari tau sendiri haha. Wahana Mystic Manor itu parah keren banget! menurut penglihatan gue di Mystic Manor ini mereka pake teknologi yang canggih banget dan awesome parah lo pasti bakal ketagihan saking kerennya. selain mystic manor ada satu tempat yang baru lagi yaitu Grizzly Gulch, kalo disini lo bakal diajak masuk ke sarang beruang grizzly dengan naik roller coster yang jalurnya maju mundur, jadi lo ga bakal tau kapan itu kereta maju dan kapan keretanya bakal mundur dan itu enak bangeeet. oh iya kalo pada bingung di Disneyland mau makan apa di Mystic Point ada masakan Indonesia loh!! tapi harganya ya begitu deh hehe.. di disneyland gue beli pancake yang bentuknya kepala mickey dan harus banget kalian cobain kalo kesana karena rasanya menurut gue si enak parah hhah.. selagi ada di disneyland kalian haram hukumnya kalo sampe ngelewatin 2 jam penting. yang pertama adalah jam Parade, jadi di jalan utama di disneyland itu lo bakal lihat parade disneyland yang ikut parade ini adalah semua icon disney yang ada di disneyland hongkong. dan jam ke dua adalah jam firework yeay sumpah lo ga akan pernah bosen buat lihat fireworks ini karena fireworks yang tiap malem ada di disneyland itu keren parah dan lo ga boleh banget ngelewatin itu..
Foto sama Snow White, Aurora, Belle, Cinderella, Mickey and Minnie Mouse, dan Donald and Daisy duck
Princess Aurora Castle
ini MTR yang bakal anter kita ke Disneyland

Hari keempat gue pergi ke Ngo Ping 360. Ngo Ping 360 adanya dideket airport jadi kalo kalian sampe di Airport pasti ngeliat Ngo Ping 360. Ngo Ping 360 itu adalah tempat wisata yang ada patung Buddha diatas gunung dan patung Buddha itu gedeeeeee banget. Sebelum bisa melihat patung Buddha yang adanya diatas gunung ini kita harus naik cable car yang jaraknya lumayan jauh banget.. gue sendiri merasa ga sampe-sampe ke tempat patung Buddha itu saking panjangnya haha. Oh iya ada beberapa pilihan cable car yang ditawarin disini ada yang standar ada yang cyrstal dan ada yang private. Gue si milih yang standar karena menurut gue yang crystal itu menyeramkan hahah kenapa bisa gue bilang menyeramkan karena semua cable car bener-bener dari kaca lantai di cable car itupun terbuat dari kaca bagi yang berani dan kepo pengen lihat keseluruhan hutan dan laut yang ada silakan aja si naik crystal cabin hehe. setelah perjalanan yang cukup panjang akhirnya gue sampai juga di tempat Buddha itu berada haha. Tempatnya menurut gue si keren banget karena konsepnya itu seperti desa zaman dulu di Cina, bangunan-bangunan dan lagu-lagunya pun konsep zaman dulu di Cina yang membuat lo berasa di masa sekarang cuma karena disini ada Starbuck dan Honeymoon dessert haha. Dan karena ini diatas gunung sumpah dingin banget walaupun ada matahari cuma anginnya itu loh dingin parah. Disini juga lo bisa jalan-jalan bareng sama Monk (biksu) disana ada tour kecil gitu yang nawarin jasa monk disana untuk ajak kalian jalan-jalan disekitaran sana. Jarak dari pemberhentian cable car ke tempat patung Buddha itu berada jauh banget jadi gue cuma nikmati patung Buddha itu dari jauh.  Dan pada saat gue kesana antrian untuk naik cable car itu panjang banget dan setelah sampai sana gue baru tau kalo tiket cable car itu bisa di beli via online, menurut gue si lebih baik beli via online karena lebih hemat waktu. Untuk masuk ke patung Buddha itu udah ga usah bayar jadi kita cuma bayar naik cable carnya aja. Oh iya selama di cable car kalo gue lihat bawah ada jalan setapak yang bisa dilewatin orang dan ajaibnya yang lewat sana itu nenek=-nenek dan kakek-kakek hebat banget ga si mereka bisa jalan kaki sejauh itu sedangkan gue naik cable car. Setelah puas berada di Ngo Ping 360 gue balik lagi ke Sha Tin dan mau makan malam didaerah sana.. gue makan didaerah Sha Tin dan gue makan Angsa disana. Angsa disana disajikan seperti bebek pecking jadi enak banget. Oh iya mohon maaf ya kalo tempat makan yang gue bilang itu rata-rata ga halal J

foto diatas adalah patung buddha

ini dia restaurant yang jual Angsa