Jalan-Jalan di Jogjakarta - Solo Part 1

Jalan Jalan Jogjakarta Team
Gw natalan di gereja ini nih. Ganjuran
Tahun baru lalu gw, memel, ana, ferdian, andre, dan elra cabut ke kota Gudeg. Yup Jogjakarta yang bisa disebut kota pelajar juga. Gw punya rumah keluarga di Jogja begitupun Andre dan Elra yang emang orang Jogja dan Solo juga. So Memel, Ferdian, dan Ana akhirnya nginep dirumah gw buat liburan gitu ceritanya. Tiket udah dibeli 2 minggu sebelum hari H krn emang susah dapet tiket kosong, you know lah pasti rebutan kan sama orang yang mau pulang kampung. Memel Ferdian dan Ana naik Kereta Krakatau dengan harga 150rb an agak mahal emang karena liburan gini. Kalo gw Andre dan Elra sih naik mobil pribadi dari Jakarta dan kami sudah berangkat duluan, Natalan di Jogja. Singkat cerita gw Natalan di Jogja bareng si Andre dan keluarga gw di Gereja Ganjuran krn emang deket rumah sih.
Terus abis Natalan besoknya tanggal 26 Desember malam gitu gw jemput si Ana Memel dan Ferdian di Stasiun Lempuyangan Jogja. Sebelum jemput mereka kita mampir makan angkringan di Paku Alaman yang merupakan Kantornya WaGub Jogjakarta. Abis makan angkringan disitu juga ada Hanggar Bilyard, kita main dulu aja sejam terus kita cabut ke Lempuyangan.

Air Terjun Sri Gethuk Courtesy Google Makasih ya
Karena emang sering ke Jogjakarta jadi males gitu wisata yang udah mainstream disini, makanya tanggal 27 pagi kita siap siap mau ke beberapa pantai di Wonosari dan air terjun disana. Kita lewat jalur pintas dari Bantul ke Wonosari lewat Makam imogiri. Lumayan motong sih, jadi kita jalan Bantul sampai Wonosari cuma 1 jam lebih dikit lah.
Nah ini Hasil Jepretan Sendiri
Terus pertama kita ke Air Terjun Sri Gethuk. Gw juga baru pertama kali kesini, gag gitu jauh kok dari jogjakarta. Untuk ke air terjun nya kita wajib bayar 15rb gitu masuknya dan untuk naik gethek motornya bayar juga 15rb kl ga salah deh. Lumayan jauh soalnya kalo jalan, harus trekking lagipula kita diburu waktu gitu. Sampai di Air Terjun emang bener keren banget. Airterjunnya bertingkat, dan punya banyak air terjun. Gw rasanya pengen terjun tapi sayang hari masih panjang jadi gw urungin niat gw terjun ke dalem. Disana kita foto foto, bikin iri orang masukin Instagram dan akhirnya setelah 1 jam disana merasakan indahnya alam sana kita cabut lagi menuju Pantai Sadranan. Knp gw mau ke pantai Sadranan, krn konon katanya dipantai itu bisa Snorklingan dan ada spot snorkling, tp pas gw sampe sana ombaknya kenceng gw jadi ragu snorklingan. Dengan berbekal alat yg gw bawa dr rumah, gw iseng snorkling, yap bener sih emang ada terumbu karang disana, tp gag gitu bagus krn emang ombaknya besar khas pantai selatan. Ikan ikannya juga lebih besar, jadi kalo punya harpoon enak nih bisa ditembak hehe. Jam 12 kita makan siang disana dan makan seafood yang gag gitu mahal kok. kita patungan satu orang 20rb lah. disampingnya ada pantai krakal, jalan kaki aja dikit pasti sampai pantai krakal. Garis pantainya lebih panjang dari Sadranan. Pantai-pantai di Wonosari khas banget loh. Ombaknya besar, ada Karangnya sebagian ada yang nggak, terus pasirnya itu loh Putih broo putih bersih, terus gag kotor, jadi plis banget jangan buang sampah sembarangan di pantai sini. Dalam perjalanan ke Pantai Sadranan, lo bakal nemuin banyak pantai misalnya, pantai baron, sundak, kukup, dan yang lagi in banget krn rame dan dibuka sama swasta yaitu pantai indrayanti, usut punya usut itu lagi ada masalah gitu pihak swasta sama pemerintah daerah krn gag mengantongi ijin buka usaha di pantai indrayanti.
Pantai Sadranan, Dari Google juga, gw lupa bawa Kamera hehe
Abis kita makan siang dan snorklingan, gw pergi ke pantai Jogan buat nyari sunset. Nah yang belom tau pantai Jogan. Itu mirip sama Uluwatu lah hehe. Lebay ya gw. Bukan pantai sih, tp seperti tanjung, dan ada Airterjunnya. Kebayang nggak sih ada air terjun yang ujung airnya langsung menyatu ke bibir laut. wihh mantab kan. Untuk kesana lo ikutin aja arah ke pantai Siung, oh ya Pantai Siung itu salah satu pantai yang indah juga loh di Wonosari, tp krn gw udah sering kesana jadi gw pgn ke pantai Jogan yang letaknya cuma 10 menit naik kendaraan pribadi dari pantai siung, tentu pantai siung lebih jauh. Di pantai Siung yang hobby panjat tebing bisa naik tebing disana, karena emang disitu tempatnya lo bs manjat karang karang. kalo di Pantai Jogan lo bisa mancing bro diatas karang, asik gag tuh. Foto sunset nya juga keren banget. Sayang banget kalo gag Sunset an disana.
Pantai Siung yang dikelilingi Tebing, lo bisa naik tebing kok
Pantai Jogan Juga nih, dari balik Air Terjunnya gw yg foto juga

Pantai Jogan dan Air Terjunnya, Foto gw sndiri
Setelah gw capek foto foto sunset di pantai Jogan gw sama temen temen pulang lewat jalur utama wonosari. Gw mampir di Bukit Bintang Wonosari Jogjakarta yang lumayan terkenal itu loh. Ada resto steak yang cukup eyecatching tp ternyata pas gw makan yahh ampun kurang deh. Jadi mendingan kalo makan disana mending makan Jagung bakar sama indomie rebus sama teh/kopi aja. Cukup banget hehe. Disana kita foto foto juga dan akhirnya kita pulang ke rmh gw buat tidur sampe malam.
Bukit Bintang Jogja, courtesy Google nih

Sentra Kerajinan Kulit (Jaket, Sepatu, Tas) img from Google
Besoknya kita ke Manding daerah Bantul, disana itu pusatnya kerajinan kulit. Ferdian beli tas, gw ga beli apa apa hehee. Memel beli sepatu buat kuliah nya. Lumayan murah sih disana, ada satu toko yang rame banget lo bisa liat harga sepatu murah semua. Abis itu kita ke stasiun kereta cari tiket pulang sodara gw, tp keabisan gw beli bunga buat sembayangan dirumah gw buat memperingati meninggalnya mbah putri gw di daerah kotagede jogjakarta. Karena gag dapet tiket kereta, kita ke Terminal Bis Giwangan beli tiket bus dan dapet harganya 220rb bus Safari dharma raya. Abis dari Terminal Giwangan kita makan Sate Klatak di jalan Imogiri, tau kan Sate Klatak, Sate kambing yang ditusuk sama Druji sepeda. Makan 2 tusuk aja udah kenyang loh. Harganya lumayan mahal sih 2 tusuknya 15 ribu gitu. tp gede gede sih. Abis makan kita semua pulang untuk sembayangan dirumah.

Sate Klathak di Imogiri Jogjakarta

Besoknya tanggal 29 kita jalan ke arah boyolali, kerumahnya si Memel buat janjian sama cici nya ke Solo. Kita jalan jam 9 pagi gitu dari Bantul Jogja. Trus sampe sana sekitar jam 12 siang kita langsung makan siang di Star Steak (makan Steak murah) yang direkomendasi sama si Memel. Belum kenyang juga kita makan Bakso Boyolali yang harganya lumayan oke dan baksonya gede2. Saking sukanya sama ini bakso, Ferdian Elra Ana sama si Andre mesen bakso ini buat dibawa sampai ke Jakarta. haha. Dari rumah memel di Boyolali kita bertolak ke Surakarta, perjalanan selama 1 jam lebih dikit lah. Kita langsung ke Mall Baru yang mirip Central Park Jakarta, Letaknya di Solo Baru, Namanya The Park Mall Solo disitu ada acara2 natal dan Tahun baru gitu, ada Pohon natal gede n tinggi juga, Parkiran juga masih gratis karena masih baru ya.

Cafe 3 Tjeret Solo
Terus abis jalan jalan di mall kita nongkrong sampe sore di Cafe Tiga Tjeret (3 Tjeret) ini pecah banget bro cafe nya, sambil nunggu Elra kita makan angkringan disini, harganya juga sesuai kantong mahasiswa, plus tempatnya itu loh, isinya daur ulang gitu, lampunya daur ulang dari botol akua, kursinya juga daur ulang dari tempat krat botol, sampe speakernya bader abis pake tong drum air gitu. Wajib kesini lah kalo lo ke Solo. Sampe malem kita nongkrong disana trus kita janjian makan Nasi Liwet khas Solo ditraktir sama Cicinya Memel, makasihya Ci, hehe. Enak banget ini makanan, ga kalah pecah sama makanan di Jogja. Abis itu kita pualng ke Jogja perjalanan 2 setengah jam lah.

Ini Penampakan Nasi Liwet Wuenak Tenan nya.