Karimunjawa Amazing Island

Karimunjawa Island

Yo yo kembali lagi bareng gw ega, gw mau sharing sedikit cerita hedonpackeran gw ke pulau yang letaknya di Utara kota Jepara itu loh. Masa gag tau sih? Kan lagi terkenal dan booming banget tuh di Indonesia. Yap, Karimunjawa, Sekitaran bulan Agustus lah gw sama keluarga gw kesana. Gw pergi bareng Wisatakita.com dengan harga paling murah 550rb dari jepara 4 hari disana nginepnya di rumah penduduk. Tapi krn gw bareng orangtua jadi gw pake paket 1jutaan buat nyewa hotel.
Homestay Kotabaru

Penyu Raksasa di Pelabuhan Kartini
Oke diawali dengan ributnya anak anak Twitter yang katanya ada ombak besar di Karimunjawa terus gw cek lagi bener nggaknya, dan ternyata bener, terancam batal tour gw nih. Secara sodaranya cewe gw yg lagi ada di karjaw juga ketahan 2 minggu disana karena cuaca buruk bikin bokap gw takut untuk join, ya krn bokap kan agak sibuk dan hrs pulang cepet krn hrs tugas lagi. Akhirnya dari pihak wisatakita membolehkan kita untuk nyebrang. So akhirnya gw sekeluarga jalan dari rumah di daerah Taman Mini ke Jepara naik mobil pribadi. Kami jalan jam 9 malam dari jakarta dan sampai di Jepara jam 9 malam juga. Kami cek in di homestay kota baru kenapa kami pilih nginap karena paginya kita harus nyebrang ke karimunjawa dan kami butuh banyak istirahat gitu hehe.
plus emang ini homestay murah dan suasananya kyk bali bali gitu terus letaknya dekat sama dermaga kartini knp dan makan malam bareng di alun alun kota jepara, enak banget makanannya plus murah loh.
Alun Alun Jepara, Sempatkan kesini yaaa

Kapal Ferry Muria
Paginya jam 6 kami bangun dan memarkir mobil kami di parkiran dermaga jepara, kami bayar 50ribu untuk penitipan 4 hari disana. Sambil ngobrol-ngobrol sama yang punya parkiran yang katanya ini ferry nya baru pulang angkut orang orang yang di karimunjawa selama 2 minggu gak bisa pulang karena ombak besar, disana hampir tidak ada makanan. Bikin kami ketakutan tp gw yakin gag bakal terjadi sama gw amin. So kita nyebrang naik KM Muria sejenis Ferry kecil gitu. Ada mobil, motor, drum drum bensin, kambing, ayam dll bareng kita krn emang butuh makanan di sana. Oh ya kemarin saya pesan VIP pulang pergi naik kapal ferry ini, tp karena emang penuh kami nggak dapet VIP di berangkatnya kan kasihan bonyok gw makanya gw nyewa kamar tidur gitu di dalam kapal ferry.
Lumayan bisa rebahan di kamar. Harga sewa 350 ribu ada 4 ranjang kita ber 6 bisa masuk semua ke kamar itu dan tidur selama 6 jam perjalanan penyebrangan jepara – karimunjawa.

Sunset di depan Hotel Escape Karimunjawa
Sampai di karimunjawa kami disambut sama travel nya dan diantar ke hotel. Hotel kami namanya Escape Hotel, doi punya private beach gitu. Makanya kami sore sore bisa renang di pantai yang tenang gitu sambil menikmati sunset. Hari pertama dihabiskan sebagian besar di kapal. Malam hari Karimunjawa ada listrik, makanya kami bisa ngecas smua hp dan kamera plus tidur nyenyak karena ada AC hehe.

Ikan Nemo di Karjaw lucu kannn
Pagi harinya kami dijemput pagi pagi dengan mobil oleh pihak travel dan menuju ke dermaga kecil karimunjawa untuk naik kapal nelayan. Suasananya tenang nyaman dan bersih loh disana. Kami bergabung dengan 10 orang lainnya untuk snorkling dan island hopping. Pertama kami snorkling di dekat pulau menjangan kecil dan besar. Adek gw nemu persembunyian ikan Nemo dan gw yg baru pertamakali snorkling belum bisa tenggelem. Susah banget akhirnya dibantu sama guide nya mas Rula namanya untuk nyelem dan gw ngeliat ikan nemo disana hehe ikan ikan kecil lainnya juga banyak disana.   Karena ombaknya cukup besar kami pindah spot snorkling kami snorkling di dekat pulau Gelang dan istirahat di Tanjung gelam, adik gw si Ian yang lagi main main di pantai kena ubur ubur disana dan katanya panas banget hehe langsung di siram sama air kelapa dan disuruh istirahat krn doi agak mabuk. Sore sudah menanti kami pulang kembali ke Homestay kami. Makan malam dan tidur. Oh ya baru inget kalo siang di Pulau karimunjawa nggak ada listrik loh. Jadi kl bisa isi semua barang elektronik di malam hari hehe.
Pulau Ujung Gelam

Pantai Ujung Gelam

Adek gw berlari di pantai ujung gelam

fish eye pantai ujung gelam. (kelapa miring)
Terus kami istirahat di Pulau Menjangan Kecil. Dan foto foto disana. Suasana Pantainya biru sekali dan sangat tenang indah banget. Terus kami lanjut snorkling lagi. Sekarang letaknya di tengah laut gag tau dimana hehe tapi gak tau kenapa banyak terumbu yang patah dan cukup rusak makanya kami cepat ganti spot lagipula ombaknya lumayan besar jadi kami agak mabuk disana. Walaupun begitu bentuk Ikannya lbh besar disana.
Pulau Menjangan Kecil

Kayak Otak kan lucu lucu gimana gt
Besok nya kami berjalan ke arah timur karimunjawa, kepulau kecil dan tanjung seloka. Cuaca agak buruk di hari ke dua. Kami mulai mabuk dikarenakan ombaknya cukup besar. Sampai di pulau kecil kami snorkling di pinggir pantainya. Indah sekali loh, banyak ikan kecil kecil dan karang yang bagus lagi lagi kami bertemu nemo/ clown fish tapi warnanya agak hitam. Terumbu karang disini juga ada yang kayak otak kepala loh.  Lucu banget hehe.   Cuaca memang sangat menentukan disana, kalau cuaca buruk kalian nggak bisa kemana mana krn ombaknya cukup besar dan riskan sekali, kita nggak bisa nemu gosong tengah karena lagi pasang agak nyesel sih krn tujuannya ke karimunjawa mau liat gosong tapi nggak bisa. Tp gak apa apa lah pulau pulaunya juga indah. Kita mampir ke pulau yang buat penangkaran hiu disana. Ada jetsky dan banana boat kalo mau main. Gw sih nggak deh masih mabuk soalnya hehe. Disana kalian bisa berenang bareng Hiu kalo berani, gw sih berani aja hehe terus lo bisa foto bareng penyu yang gede banget dan ikan ikan yang lain, kyk ikan buntel, bintang laut, dll. Disana juga banyak ikan nemo loh/clown fish ga usah berenang dalem buat liat clownfish disana, alias lo bisa liat dari atas langsung.
renang bareng ikan hiu

Bintang Laut

Penyu Laut dan nyokap gw hehe

Capek snorkling, kami ke pulau kecil dan bakar bakar ikan disana. Wah ikannya enak banget fresh lagi. Dipulau itu juga ada ibu ibu yang jualan gorengan, saatnya makan. Sejam kami disana eh ujan jadi kami nunggu ujan dulu baru bisa jalan jalan lagi.
Suasana Pulau Kecil yang lagi mendung
Rumah adat di Pulau Kecil

Sorenya gw pulang ke homestay dan istirahat disana, gak lupa gw mampir ke café yang katanya punya bakrie, makan bareng keluarga disana, enak juga sih trus banyak bule nya hehe. abis itu gw beli souvenir buat bantu orang orang disana lah. Besok nya kami packing lalu siap siap nyebrang lagi ke jepara, sebenernya gw masih pgn muter muter pulau lagi. Liat sunrise, ke hutan mangrove, ke airport karimunjawa, muter muter nyewa motor yang katanya 50rb sehari tp gag sempet waktunya lagi lagi krn cuaca yang kurang mendukung dan emang bener kata orang kalo pergi bareng keluarga susah diajak jalan jalan yg ekstrim hehe. Next time lah kalo kekarimunjawa gw share perjalanan gw exploring darat pulau karimunjawa.

Kapal Ferry datang menjemput kita dan akhirnya kita pun pulang kembali ke jepara, oh ya gw dapet tempat VIP akhirnya. Emang enak sih, ada AC nya, minum antimo langsung tidur sampe jepara hehe. Gag terasa udah 4 hari berpetualang, akhirnya gw pulang lagi ke jakarta nyetir dan karena bokap gw harus kerja dan takut capek gw anter dia ke bandara di semarang buat naik pesawat sampai jakarta. Intinya gw harus ke Karjaw lagi, mungkin bareng kalian yang mau gw udah nyimpen beberapa nomer penting disana, jadi sometimes gw mau ke karjaw lagi bisa lebih murah dan backpackingan bukan hedon lagi hehe. Amazing Karimunjawa.